wrapper

Beaking News

Harianrakyatbengkulu.com - Kondisi cukup miris di Kabupaten Benteng. Saat masyarakat kerap mengeluhkan akan serangan demam berdarah degue (DBD), anggaran untuk mencegah dan membunuh nyamuk penyebab DBD sangatlah minim. Bayangkan, dalam satu tahun hanya dianggarkan Rp 40 juta. Dana tersebut untuk pengasapan atau fogging.



Padahal DBD termasuk salah satu penyakit berbahaya, yang bila tak ditanggulangi serius akan berujung jatuhnya korban jiwa. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bengkulu Tengah (Benteng), Dahril Mukminin SKM, MM dikonfirmasi RB tak membantah minimnya anggaran untuk penanggulangan DBD.

“Dengan anggaran sedemikian, tentu kita tak bisa berbuat maksimal. Tidak akan semua wilayah di Benteng bisa di-fogging dengan anggaran yang hanya segitu (Rp 40 juta,red),” ujarnya.

Pahal lanjutnya, Benteng termasuk daerah endemis nyamuk pembawa DBD. Sejumlah kawasan di Benteng sangat rentan jadi tempat berkembangbiaknya nyamuk karena Benteng dekat dengan wilayah hutan.

Karena itu kata Dahril, Dinkes berupaya ada penambahan anggaran. Setidaknya bisa diakomodir dalam APBD Perubahan 2017 ini. Selain mengupayakan penambahan anggaran Dinkes akan berusaha memaksimalkan tenaga kesehatan dan puskesmas untuk secara terus mengkampanyekan dan mensosialisasi pola hidup sehat ke masyarakat.

Melakukan langkah-langkah antisipasi berkembangbiaknya nyamuk, dengan tidak membiarkan ada air tergenang, mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat genangan air, serta menutup wadah penampung air di rumah. ‘’Untuk ibu hamil dan memiliki balita, saat tidur gunakan kelambu anti nyamuk,’’ demikian Dahril.

Sumber : http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2017/04/05/dbd-mengancam-anggaran-fogging-hanya-rp-40-juta/

Last modified on Wednesday, 05 April 2017

Leave a comment

Kab. Bengkulu Tengah

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, Jalan Raya Bengkulu Curup Karang Tinggi Bengkulu 38000 Indonesia, Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Kunjungan

Hari ini 15

Kemarin 16

Minggu ini 31

Bulan ini 406

Total kunjungan 1169

Currently are 6 guests and no members online