Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah

Wakil Bupati

Septi Periadi 

Bupati

Ferry Ramli

Sekretaris Daerah

Muzakir Hamidi

Dinkes Segera Razia Depot Air Isi Ulang

Sebagai upaya melindungi masyarakat Bengkulu Tengah (Benteng) dari konsumsi air tercemar atau berbahaya, maka Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam waktu dekat akan menggelar razia bakteriologi pada air kemasan dan di setiap usaha pengisian ulang air minum (depot isi ulang air galon).Razia yang akan dilakukan secara periodik itu, tak hanya dari tim medik namun juga akan melibatkan tim laboran untuk menguji sampel air.



Kepala Dinkes, I Putu Sura Artika mengakui bila selama ini banyak usaha isi ulang air minum yang melakukan kecurangan. Seperti tidak melakukan pengurusan izin kembali dan mengambil air baku tidak pada tempat yang dilaporkan pada pemerintah.

“Razia akan kita lakukan lagi di setiap depot isi ulang air minum di setiap kecamatan. Tak hanya memeriksa izinnya kami juga akan meneliti kandungan bakteriologi di dalam air yang mereka jual,” ungkap Putu.

Dia menambahkan bagi depot yang terbukti melakukan pelanggaran maka pihaknya secara perizinan akan merekomendasikan pencabutan izin usaha tersebut, kemudian untuk kesehatan warga pihaknya akan menarik air yang telah didistribusikan dan melarang penjualan lagi.

“Bagi yang melanggar maka akan kami sanksi. Namun yang utama adalah melarang peredarannya dan menarik produk bermasalah itu,” jelas Putu.
Putu mengatakan tidak sedikit usaha pengisian ulang air minum yang mengambil air baku dari pegunungan dan bukit-bukit yang ada di Benteng. Hanya saja, diungkapkan Putu perlakukan selama dalam pengangkutan dan penyimpanan yang bisa menjadi pemicu munculnya penyakit di dalam air minum itu.

“Pada dasarnya air pegungungan adalah air murni, namun jika sudah terkontaminasi oleh bakteri maka bisa membahayakan penggunanya. Apalagi air paling mudah diserang bakteri ecoli yang bisa menyebabkan peminumnya diare hebat. Sebab itu, nanti kami akan teliti juga tanki pengangkut dan cara mereka menyimpan,” ujar Putu.

Sumber : radarbengkulu.web.id


Video

Bengkulu Tengah