Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah

Wakil Bupati

Septi Periadi 

Bupati

Ferry Ramli

Sekretaris Daerah

Muzakir Hamidi

Benteng Sediakan Pilihan Investasi Segala Sektor

Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) merupakan daerah yang memiliki prospek investasi di segala sektor,, baik perkebunan, perikanan, pertambangan, industri maupun energi.  Dengan luas wilayah berdasarkan Geografic Information System (GIS) seluas 1.223,94 Km2  yang membentang dari pegunungan, dataran tinggi, pesisir dan laut menjadikan banyak pilihan investasi di daerah ini. Selain itu, infrastruktur yang memadai dan jarak yang mudah dijangkau dari pusat transportasi baik udara, darat dan laut menjadikan Benteng lebih unggul dari dari kabupaten lainnya.



“Benteng ini merupakan daerah yang sangat kaya dengan sumber daya alam, ditambah lagi daerah ini merupakan daerah satelit bagi Kota Bengkulu dengan jarak tempuh yang relatif singkat dari bandara dan dermaga. Sehingga sangat cocok untuk berinvestasi di segala sektor,” ungkap Bupati Benteng, H. Ferry Ramli, SH, MH.

Dia menambahkan setidaknya di Benteng memiliki beberapa sektor unggulan investasi yang dapat dijajaki oleh para investor, seperti sektor industri, perkebunan, kemudian sektor pengolahan ikan segar, pertambangan, serta di sektor jasa dan perdagangan.

“Pada sektor industri, investor bisa berinvestasi dengan mendirikan pabrik olahan perkebunan. Terlebih di sini bahan baku sangat melimpah, terutama pada hasil kebun seperti sawit dan getah karet. Begitu juga dengan di sektor perkebunan, wilayah Benteng sangat cocok untuk perkebunan. Sedangkan pada sektor pertambangan, Benteng sudah dikenal sejak lama sebagai wilayah dengan kandungan batu bara dan sebagai penghasil batubara terbesar di Provinsi Bengkulu, yakni 25.000 ton per bulan dengan kualitas kandungan 5 ribu sampai 6 ribu kalori. Di Benteng juga banyak terdapat kandungan pasir besi, batu andesit serta berbagai jenis galian yang tersebar di seluruh kecamatan,” jelas Ferry.

Sedangkan pada sektor perikanan, Ferry mengatakan investor bisa mengembangkan atau melakukan budidaya ikan dan udang dengan sistem tambak atau kolam air deras. Selain itu, wilayah Benteng juga didukung oleh perairan laut yang membentang hingga perbatasan Bengkulu Utara, juga menjadikan Benteng sebagai surga bagi ikan laut, khsusnya jenis Tuna.

“Benteng memiliki air yang melimpah, sehingga bisa dikembangkan perikanan dengan sistem tambak, keramba, jaring apung maupun kolam air deras. Potensi bahan baku yang melimpah juga sangat mendukung didirikannya industri olahan ikan dan udang. Apalagi dari hasil studi bahwa perairan laut Benteng merupakan lintasan ikan tuna,” ungkap Ferry.

Sumber : radarbengkulu.web.id


Video

Bengkulu Tengah